Kamis, Juli 7, 2022
spot_img
BerandaBeritaSabhara Polres Bontang Latihan Dalmas dan Gunakan Senjata Gas Air Mata

Sabhara Polres Bontang Latihan Dalmas dan Gunakan Senjata Gas Air Mata

Polresbontang.com – Satuan Sabhara Polres Bontang menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dan keterampilan penggunaan senjata pengurai massa di Halaman Gedung Olah Raga (GOR) PT. Pupuk Kaltim, Selasa (24/9/20-19) pagi.

Latihan yang dipimpin Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Sat Sabhara Ipda I. Gede Eka Wardana diikuti 40 Personil Peleton Inti Dalmas Polres Bontang.

Kapolres Bontang Akbp Siswanto Mukti melalui Kasat Sabhara Iptu Rusianto yang didampingi Kasubbag Humas Iptu Suyono mengatakan Latihan ini untuk antisipasi kecelakaan dalam pengoperasian senjata pengurai massa atau flash ball atau pelontar gas air mata.

Seluruh anggota Sat Sabhara dilatih bagaimana cara penggunaan peralatan Dalmas antara lain Tongkat, Tameng dan kelengkapannya juga Penggunaan Senjata Pengurai Massa dengan baik dan benar,”ujarnya kepada Media ini dilokasi.

Lanjut Kasat Sabhara, latihan bertujuan untuk mengingat kembali cara menggunakan Peralatan Dalmas dan penggunaan senjata Pengurai Massa serta bagaimana cara menembakkan dengan mengendarai kendaraan bermotor.

“Fungsi senjata flash ball atau pelontar gas air mata efektif melontarkan peluru gas air mata hingga 50 meter. Karena setelah ditembakkan keluar asap yang memerihkan mata, berfungsi untuk mencerai beraikan massa yang beringas. Baik dalam situasi tawuran atau aksi demo, senjata ini sangat efektif,”ungkapnya.

Kasubbag Humas Iptu Suyono menambahkan, Tidak hanya pelatihan menggunakan Peralatan Dalmas tetapi juga latihan cara menggunakan senjata laras licin flash ball atau gas air mata, jelas Suyono.

“Kita juga melatih timsus regu Pengurai Massa (Reimas) Polres Bontang sebanyak 10 anggota yang mempunyai keterampilan khusus dalam menghadapi massa anarkis,” lanjut Suyono.

Dengan harapan dengan adanya pelatihan dapat meminimalisir kecelakaan akibat ketidak pahaman anggota dalam menggunakan peralatan dan persenjataan, pungkas Suyono.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments