Selasa, Agustus 9, 2022
spot_img
BerandaOpeningPesan Berantai, Arus Angin Utara Ke Selatan Membawa Wabah Adalah Hoax

Pesan Berantai, Arus Angin Utara Ke Selatan Membawa Wabah Adalah Hoax

Polresbontang.com – Beberapa hari ini telah pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui media sosial sepertidan WhatsApp yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit.

“Sebagai informasi, usahakan 3 hari ke depan seluruh anggota keluarga masing-masing di rumah, tidak keluar rumah, walau hanya untuk berjemur kalau tidak sangat terpaksa. Karena dalam 3 hari ke depan arus angin dari Utara ke arah Selatan yang membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian,” berikut isi pesan singkat yang beredar.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Herizal menjelaskan bahwa informasi tersebut bukan berasal dari BMKG. Menurutnya, isi dalam informasi itu tidak benar atau Hoax.

“Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Herizal, Kamis (9/4/2020).

Herizal menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Sehingga, kata dia, sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia).

“Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur-selatan (dari Benua Australia),” katanya.

Adanya berita tersebut, Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak ikut-ikutan menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya dan belum tentu kebenarannya.
“ya seperti berita ini, sumbernya tidak jelas, dan beritanya Hoax lagi”. Berita ini sengaja dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang sengaja membuat kegaduhan dan kepanikan di masyarakat, jelas Kapolres.
Saya minta kepada seluruh warga masyrakat, jangan mudah menposting suatu berita yang belum tahu kebenarannya atau tidak jelas sumbernya, “hanya menyebut dari grup sebelah”, pesan AKBP Boyke panggilan Kapolres Bontang.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments