Kamis, Agustus 18, 2022
spot_img
BerandaBeritaKapolres Bontang Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kapolres Bontang Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Polresbontang.com – Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. OG menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Kantor Wali Kota Bontang Jl. Moch. Noor Kel. Bontang Lestari Kec. Bontang Selatan Kota Bontang, Selasa (1/10/2019).
Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Bontang Sdr. Andi Faisal Sofian Hasdam, Seluruh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( FORKOPIMDA ) Kota Bontang, Seluruh Anggota Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) Kota Bontang, Seluruh Camat dan Lurah Se Kota Bontang, Perwakilan Perusahaan yang ada di Kota Bontang dan Perwakilan OKP, Ormas yang ada di Kota Bontang

Dalam upacara, dibacakan Naskah Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan Ikrar kesetian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan Peserta Upacara terdiri 2 Pleton TNI, 1 Pleton Polri, 1 Pleton Satpol PP Bontang, 1 Pleton Dishub Bontang, 1 Pleton Gabungan PNS Pemkot Kota Bontang, 2 Pleton perwakilan Security perusahaan yang ada di Kota Bontang, 1 Pleton Pemuda Pancasila Bontang, 1 Pleton Senkom Bontang, 2 Pleton Mahasiswa Kampus Trunojoyo dan STITEK Bontang, 2 Pleton perwakilan Pelajar tingkat SLTA Bontang dan 2 Pleton perwakilan Pelajar tingkat SLTP Bontang

Kapolres Bontang Akbp Siswanto Mukti kepada awak media ini menjelaskan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut dimaksudkan agar bangsa Indonesia mengingat lagi kekejaman Gerakan 30 September (G30S/ PKI).

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bermula dari Surat Keputusan Menteri atau Panglima Angkatan Darat Jenderal Soeharto pada 17 September 1966 lalu”, kata Kapolres Bontang.

Setelah keputusan tersebut keluar, Wakil Panglima Angkatan Darat Letjen Maraden Panggabean dalam jumpa pers menjelaskan, Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia pada tanggal itu mendapat ancaman yang luar biasa sehingga hampir saja Pancasila musnah dari Bumi Pertiwi, lanjut Kapolres.

Namun, Pancasila selamat dari serangan fisik penganut Marxisme, Leninisme, dan Maoisme. Karena itu dapat disimpulkan bahwa Pancasila adalah sumber kekuatan moril dan spiritual bangsa ini, tandas Kapolres.

Mari bersama-sama TNI dan POLRI, menjaga tetap tegaknya Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pungkasnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments