Rabu, April 17, 2024
spot_img
BerandaBeritaPolres Bontang Gelar Simulasi Aplikasi Dashboard Lancang Kuning

Polres Bontang Gelar Simulasi Aplikasi Dashboard Lancang Kuning

Bontang – Polres Bontang menggelar Simulasi mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) titik Hotspot kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Simulai di Gelar di Jln Sukarno – Hatta Kel. Bontang Lestari Kec. Bontang Selatan Kota Bontang, Senin (15/3/2021).

Simulasi yang diikuti 15 personil perwakilan Staf, Polsek dan Bhabinkamtibmas tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 15 – 16 Maret 20221 dengan mendatangkan pelatih dari Biro Operasi (Ro Ops) Polda Kaltim.

Dashboard Lancang Kuning adalah Aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem satelit, sehingga sumber api sekecil apa pun akan terbaca pada Handphone Android anggota Polri. Jelas Aplikasi ini akan mempermudah pencegahan Karhutla sebelum api membesar.

Dalam Simulasi pagi ini, TKP titik Hotspot yang dikirim lewat Aplikasi Lancang Kuning terletak di pinggir jalan raya Sukarno – Hatta Kelurahan Bontang Lestari kec. Bontang Selatan Kota Bontang.

Setelah personil mendapat informasi adanya titik api melalui HP Android nya, mereka langsung menuju lokasi sesuai kordinat yang diterima, kemudian dilakukan pemotretan baik lewat aplikasi lancang kuning maupun potret lewat kamera Gps yang ada di HP masing-masing.

Usai melakukan pemotretan personil akan mengirimkan hasil mendatangi TKP ke Posko Digital Polres Bontang melalui Aplikasi Lancang Kuning, yang akan diterima Operator yang standby di ruang Command Center Polres Bontang atau Bontang Command Center (BCC).

Selanjutnya peran Operator akan melaporkan kejadian tersebut kepada Pimpinan untuk mengambil langkah selanjutnya dalam rangka pencegahan dan penanganan Karhutla, antara lain melakukan Koordinasi dengan Instansi terkait dan pengerahan anggota di lapangan.

Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo, SIK. MH melalui kabag Ops KOMPOL Ahmad Abdullah, SH.MH mengatakan kegiatan Simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota Polres Bontang dan Polsek Jajaran dalam penanganan karhutla, sehingga dapat membantu apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Ini juga sebagai langkah antisipasi menjelang datangnya musim kemarau yang dimungkinkan akan terjadi kebakaran Hutan, Lahan dan Belukar, baik akibat cuaca panas ataupun pemkakaran oleh masyarakat, kata Kabag Ops Kompol Ahmad Abdullah.

Kita juga sudah petakan, ada 3 wilayah Polres Bontang yang rawan terjadi Karhutla antara lain wilayah Kecamatan Bontang Selatan, Kecamatan Muara Badak dan Kecamatan Marangkayu, terang Kabag Ops.

“semoga dengan kegiatan ini dan kerjasama antar instansi serta kesadaran masyarakat dapat mencegah secara maksimal kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Polres Bontang,” ucap Ahmad Abdullah.

Masyarakat diminta tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar kebun, lahan dan pekarangan “Karena aplikasi Lancang kuning ini menggunakan sistem satelit, jadi sekecil apa pun akan tertangkap sebagai sumber api bahkan pembakaran sampah sekalipun,” lanjutnya.

 “Di himbauan masyarakat tidak melakukan pembakaran bila membuka lahan pertanian, karena ada Undang-undangnya dan ada pidananya, jika sudah sampai tahap sosialisasi masih saja melanggar jangan salahkan aparat jika ditindak,” sambung Ahmad Abdullah.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments