Sejarah

Sejak Tahun 1937 Kantor Polisi di Bontang telah ada yang kala itu masih dalam Pemerintahan Hindia Belanda, Kantor Polisi yang bertempat di Kampueng Bontang ( sekarang Bontang Kuala ) telah ada dengan membawahi Kampung Sangatta, Bengalon, Sangkulirang, Muara Badak dan Kampung Bontang sendiri.

Pada Tahun 1950 atau setidaknya setelah Belanda dikalahkan oleh Jepang, Kantor Polisi tersebut langsung diambil alih Pemerintah Indonesia yang saat itu juga berdiri Pemerintahan Kawedanan Bontang yang dijabat oleh seorang Wedana dibawah Pemerintahan Kabupaten Kutai, di Kantor Polisi inilah cikal bakal berdirinya Polsek yang kala itu dengan sebutan Komando Sektor Bontang ( Kosek Bontang ) yang berkedudukan di Kampung Bontang ( sekarang Bontang Kuala ) dengan dipimpin seorang Komandan Sektor (Dansek ) yang bernama Nurkawan berpangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dengan 5 orang anggota. # (Sumber : Beberapa Tokoh Masyarakat Bontang Kuala).

Dengan berdirinya Perusahaan berskala Nasional yakni PT. Badak Ngl pada tahun 1974 dan PT. Pupuk Kaltim tahun 1977 , maka di Kecamatan Bontang didirikan Komando Resor Bontang ( Kores Bontang ) yang berkantor di Kampung Baru (Lencol) yang kala itu Kantornya terbuat dari Konteiner.

Melihat semakin ramainya perkembangan Kecamatan Bontang dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah adanya pendatang baru yang ingin mengadu nasib dengan dibarengi Penambahan Pembangunan Pabrik PT. Pupuk Kaltim dan Kilang PT. Badak, pada tahun 1983 mulai dibangun Markas Komando Resor Bontang (Kores Bontang) di Jl. Bhayangkara Kec. Bontang dengan luas tanah 72,680 M2 dengan menggunakan APBN Murni Polri tahun 1983, hingga pada akhir tahun 1983 Kantor Kores Bontang resmi di tempati yang kala itu Kapolres di jabat oleh Letnan Kolonel (Letkol) Drs. Dhuari Sis Ardiyanto selaku Komandan Resort ( Danres ) pertama di Bontang yang membawahi Polsek Bontang, Polsek Muara Badak, Polsek Sangatta, Polsek Sangkulirang dan Polsek Anggana.

Tahun 1999, Bontang yang semula sebagai Kecamatan dirubah menjadi Kota Adsminitratif kemudian ditetapkan sebagai daerah Otonom menjadi Kota Bontang, Sejak tahun itu Wilayah Polres Bontang hanya membawahi Polsek Bontang Utara dengan wilayah Kec. Bontang Utara dan Polsek Bontang Selatan dengan wilayah Kec. Bontang Barat dan Bontang Selatan hingga sekarang.

Dalam perkembangan Kota Bontang dan Penambahan personil, akhirnya Polres Bontang menambah bangunan dari kondisi Bangunan awal terdiri beberapa ruang kerja antara lain Ruang Sat Reskrim, Ruang Binmas, Ruang Sabhara, Ruang Sarpras, Ruang Tahanan, Ruang Reskoba, Ruang Propam, Ruang Bag Ren, Ruang Siwas, Ruang PPA, Ruang Ka SPK, Ruang Penjagaan yang dibangun secara terpisah dari Gedung Utama namun masih dalam satu kawasan Areal Gedung Utama Polres Bontang, Guna memberikan Pelayanan kepada Masyarakat juga dibangun Ruang Pelayanan Sat Lantas yang dibangun pada tahun 2001, sedangkan Gedung Koperasi dan Ruang Kesehatan yang didirikan tahun 1992 yang dibangun secara terpisah dari Gedung Utama namun masih dalam Areal Polres Pontang atas Bantuan Perusahaan dan bantuan Masyarakat.